Home » Pendidikan » Pengertian, Bentuk dan Tujuan Akomodasi di Masyarakat

Pengertian, Bentuk dan Tujuan Akomodasi di Masyarakat

Ketika kita sedang melakukan interaksi sosial di dalam masyarakat, ada banyak sekali istilah yang bisa kita dapati seperti Akomodasi, Asosiasi dan lai sebagainya.

Namu istilah seperti ini digunakan ketika mengilustrasikan penyelesaian dari suatu pertikaian diantara kedua belah pihak. Pada postingan kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian, bentuk dan tujuan akomodasi.

Akomodasi

Secara umum akomodasi merupakan sebuah cara yang dilakukan dalam menyelesaikan pertentangan, tanpa merugikan orang lain dan orang tersebut tidak hilang kepribadianya.

Pengertian Akomodasi dalam Sosiologi

Pengertian Akomodasi dalam Sosiologi

Apabila dilihat dalam kajian sosiologinya, akomodasi adalah sebuah keadaan yang selalu mempunyai kekokohan interaksi antar individu di masyarakat, atau sebuah usaha yang dilakukan manusia untuk meredupkan suatu pertentangan.

Pengertian Akomodasi Perhotelan

Akomodasi perhotelan adalah sebuah sarana yang menfasilitasi jasa pelayanan seperti penginapan, yang sudah dilengkap dengan pelayanan makan, minum serta jasa lainya.

Pengertian Akomodasi dalam Parawisata

Selanjutnya yakni definisi akomodasi dalam parawisata yaitu semua yang sudah tersedia demi memenuhi kebutuhan seseorang saat sedang berpariwisata.

Bentuk Akomodasi di Masyarakat

Pada dasarnya akomodasi mempunya bentuk-bentuk seperti dibawah ini:

  • Kompromi: yang artinya suatu bentuk akomodasi dimana pihak yang sedang konflik mengurangi tuntutanya supaya permesalahanya bisa cepat terselesaikan.
  • Toleransi: artinya bahwa bentuk akomodasi yang terjadi tanpa persetujuan, tapi lebih mengutamakan sikap saling pengertian.
  • Coercion: Suatu bentuk akomodasi yang prosesnya dijalankan dengan paksaan, dikarenakan salah satu pihak posisinya sangat lemah.
  • Arbitrasi: merupakan cara untuk berkompromi ketika pihak-pihak yang sedang bertikai tidak sanggup menyelesaikanya sendirian.
  • Stalemate: salah satu bentuk akomodasi yang dimana pihak yang bertikai berhenti pada satu titik tertentu karena sama-sama memiliki kekuata yang setara.
  • Konsiliasi: merupakan suatu usaha untuk mempertemukan pendapat dari semua pihak yang sedang bertikai untuk mencari solusinya.
  • Ajudikasi: yakni sebuah proses penyelesaian masalah dengan melibatkan lembaga pengadilan.

Tujuan Akomodasi

Setelah anda mengetahui bentuk-bentuk dari akomodasi, berikut ini ada beberapa yang perlua anda ketahui mengenai tujuan akomodasi:

  • Meminimalisir pertentangan antara individu dengan individu, atau kelompok dengan kelompok manusia akibat dari perbedahan pemahaman.
  • Melebur kelompok sosial yang terpisah.
  • Bisa memungkinkan terjadinya kerja sama diantara kelompok, satu dengan lainya yang hidupnya terpisah dikarenakan budaya.
  • Mengatasi agar meledaknya sebuah petentangan untuk sementara waktu.

Demikianlah artikel mengenai pengertian, bentuk, tujuan akomodasi di masyarakat. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Sumber: Khanfarkhan.com