counter hit xanga

Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air

1 min read

√ 7 Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air yang Benar

Cat merupakan salah satu bagian terpenting yang mampu mempercantik sebuah rumah atau bangunan. Namun agar mendapatkan hasil sesuai harapan, proses mengecat ini harus dilakukan dengan benar.

Pasalnya, ada cukup banyak komponen yang harus dipertimbangkan mulai dari memilih warna hingga cara mencampurnya dengan air. Jika memang ingin mengecat tembok sendiri, ketahui cara mencampur cat tembok dengan air yang benar agar hasil yang didapatkan tidak mengecewakan.

Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air yang Benar

Sebelum mengecat, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan diantaranya yaitu wadah untuk menampung cat, kayu untuk mengaduk, air, dan cat tembok. Berikut cara mencampur cat tembok dengan air secara benar yang kamu kutip dari tokobangunan.co.id

1. Pilih warna yang akan dicampur

Pilih warna yang akan dicampur

Sebelum mencampur cat, tentu saja Anda harus menentukan warna apa yang ingin diaplikasikan pada tembok rumah. Setelah menentukan warna cat yang diinginkan maka Anda juga bisa menentukan warna campurannya.

Pastikan bahwa kedua warna yang Anda pilih tersebut akan menghasilkan warna yang bagus bila dicampurkan. Jadi menentukan warna bukan perkara yang mudah, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada hasilnya.

2. Perhatikan komposisinya

Selain pemilihan warna, komposisi warna yang akan dicampur juga akan berpengaruh terhadap warna yang nanti akan dihasilkan. Perhatikan komposisinya, mana warna yang harus memiliki komposisi lebih banyak dan mana warna yang memiliki komposisi lebih sedikit.

Selain bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan, Anda juga bisa mendapatkan hasil pencampuran yang lebih berkualitas jika komposisinya benar.

3. Siapkan wadah untuk menampung

Cara mencampur cat tembok dengan air yang benar selanjutnya yaitu menyiapkan wadah untuk menampung cat yang akan dicampurkan. Pastikan wadah tersebut dapat menampung seluruh cat yang akan dicampurkan.

Jadi nanti proses pencampuran cat tidak akan terganggu dengan wadah yang kurang mendukung. Selain itu, pilih wadah yang juga mendukung proses pengecatan nantinya sehingga Anda tidak perlu mengganti wadah.

4. Tuangkan cat pertama ke dalam wadah

Tuangkan cat pertama ke dalam wadah

Proses selanjutnya adalah mencampur cat tembok warna pertama dengan air di dalam wadah yang sudah Anda siapkan tersebut. Jika sudah selesai mencampurnya, lebih baik pindahkan cat tersebut ke wadah lainnya agar lebih mudah ketika mengambilnya nanti.

Jadi ketika diaduk, seluruh warna bisa tercampur dengan baik dan menghasilkan warna yang berkualitas.

5. Tuangkan cat kedua yang akan dicampur

Jika cat pertama sudah tercampur, maka cara mencampur cat tembok dengan air yang benar yaitu menuangkan cat kedua yang akan dicampur.

Campurkan cat kedua dengan air terlebih dahulu di wadah bersih baru sebelum mencampurnya dengan warna pertama. Ketika menuangkan cat ke dalam wadah, Anda harus berhati-hati agar cat tidak tumpah atau tercecer.

6. Aduk hingga tercampur

Jika kedua warna yang dipilih sebelumnya sudah berada dalam satu wadah, maka aduk hingga kedua warna tersebut tercampur rata. Tidak ada teknik khusus untuk mengaduk dua warna ini.

Anda hanya perlu mengaduknya seperti biasa saja. Aduklah dengan kayu yang sudah disiapkan sebelumnya. Selain kayu, Anda juga bisa mengaduknya dengan besi.

7. Tambahkan air

Cara terakhir yang harus Anda lakukan yaitu menambahkan air. Penambahan air ini guna membuat cat lebih encer dan bisa diaplikasikan dengan mudah.

Namun pastikan air yang ditambahkan tidak terlalu banyak ataupun tidak terlalu sedikit. Setelah air ditambahkan maka aduk-aduk kembali cat hingga tercampur.

Sebenarnya cara mencampur cat tembok dengan air yang benar tidaklah sulit. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan pemborong atau tukang. Semoga informasi yang diberikan tersebut bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba mengecat rumah sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *