Home » Teknologi » Cara Mengubah CDI Limiter menjadi Unlimiter

Cara Mengubah CDI Limiter menjadi Unlimiter

Saat memodifikasi motor, Anda harus mengetahui bagian-bagian apa yang akan dimodumifikasi dan apa keuntungan yang bisa didapatkan dari proses modifikasi tersebut.

Seperti salah satu bagian atau komponen sepeda motor yang sering dimodifikasi adalah bagian CDi. Bagian ini biasanya dimodifikasi dari CDi standar bawaan pabrik yang sifatnya limiter menjadi CDi untuk racing yang sifatnya unlimiter.

Karena itu banyak penyuka kendaraan racing atau sekedar ingin meningkatkan RPM kendaraannya menerapkan cara mengubah CDi limiter menjadi unlimiter untuk mendapatkan RPM sesuai dengan yang diinginkan.

Sederhana, Begini Cara Mengubah CDI Limiter menjadi Unlimiter

Sebagai informasi tambahan yang harus Anda ketahui, kendaraan terbaru keluaran pabrik saat ini kebanyakan memiliki limiter di dalam CDI nya. Tujuannya adalah untuk membatasi putaran RPM pada mesin.

Hal ini ditandai dengan bunyi mesin yang kurang meraung bahkan cenderung berbunyi brebet bahkan ketika Anda menarik gas hingga habis. Jika saat gas ditarik sampai habis tapi bunyinya tidak bisa meraung, maka bisa dipastikan CDI nya dibatasi.

Limiter pada CDI ini sebenarnya memiliki fungsi yang cukup penting karena akan membuat mesin tidak bergasing pada putaran yang sama. Dengan begitu umur mesin juga bisa lebih lama.

Namun ada juga pemilik kendaraan yang memilih menerapkan cara mengubah CDI limiter menjadi unlimiter agar RPM bisa naik dan tenaganya juga bisa lebih naik.

1. Buka Karet yang Berfungsi sebagai Pembungkus CDI

Buka Karet yang Berfungsi sebagai Pembungkus CDI

Langkah pertama untuk mengubah CDI limiter menjadi unlimiter adalah buka dulu karet yang membungkus CDI. Jika tidak dibuka, maka CDI bawaan pabrik ini tidak akan bisa diganti dengan CDI lain yang sifatnya unlimiter.

2. Baca Jalur Rangkaiannya dan Cabut CDI Limiternya

Setelah membuka karet pembungkus CDI, langkah selanjutnya adalah baca jalur rangkaian yang ada di dalamnya. Cari rangkaian yang disusun dengan fungsi sebagai limiter. Jika sudah ketemu, cabut rangkaian yang fungsinya sebagai limiter tersebut.

3. Ubah dengan CDI Unlimiter

Jika sudah, selanjutnya ubah rangkaian yang sudah dicabut tersebut dengan rangkaian CDI unlimiter. CDI unlimiter ini juga tidak selalu CDI racing. Ada juga CDI dengan spesifikasi layaknya CDI standar namun bedanya unlimiter.

Harga CDI ini pun cenderung lebih murah dibandingkan CDI unlimiter untuk racing.

4. Tutup dengan Menggunakan Karet

Jika sudah memasang CDI unlimiter pada rangkaian yang ada, terakhir jangan lupa menutup kembali dengan menggunakan karet. Maka proses mengubah CDI limiter menjadi CDI unlimiter pun selesai.

Setiap komponen pada sepeda motor pasti memiliki fungsinya masing-masing, apalagi yang sudah dibuat secara standar oleh pabrik. Seperti CDI ini. Meskipun memiliki RPM yang terbatas karena dibuat limiter, tapi dengan CDI ini tentunya akan membuat mesin jadi tahan lama.

Namun jika Anda ingin menggantinya dengan CDI berjenis unlimiter, maka Anda bisa menerapkan cara mengubah CDI limiter menjadi unlimiter di atas.

Cara Mengubah CDI