Home » Teknologi » Cara Memilih Air Radiator yang Bagus

Cara Memilih Air Radiator yang Bagus

Menjaga setiap komponen mesin pada kendaraan bermotor harus dilakukan secara rutin agar performanya tetap stabil. Terutama menjaga suhu mesin agar tetap stabil.

Jika mesin terus menerus dibiarkan dalam keadaan terlalu panas atau overheat bisa membuat kendaraan jadi lebih mudah mogok. Jika terus dibiarkan maka mesin juga jadi cepat rusak.

Apalagi untuk jenis mesin yang menggunakan sistem pendingin berupa radiator, pasti dibutuhkan cairan pendingin. Penggantian cairan radiator secara rutin akan membantu mesin tetap dingin sehingga bisa bekerja optimal.

Karena itu Anda juga harus tahu bagaimana cara memilih air radiator yang bagus sebagai sistem pendingin radiator Anda.

Air Radiator Yang Bagus Untuk Performa Kendaraan

Bagaimana Cara Memilih Air Radiator yang Bagus untuk Mempertahankan Performa Kendaraan?

Radiator merupakan sistem pendingin mesin kendaraan yang memiliki peran sangat penting. Jika mesin tetap dalam keadaan suhu yang stabil tentu akan sangat mempengaruhi performa mesin.

Begitupun sebaliknya. Jika mesin terlalu overheat, mesin jadi lebih cepat mogok, bahkan bisa saja membuat mesin jadi lebih cepat rusak pula. Memilih air radiator juga tidak boleh sembarangan.

Berikut ini adalah cara memilih air radiator yang bagus untuk menjaga mesin Anda tetap bekerja optimal.

1. Memiliki Kandungan Propylena

Air radiator yang baik adalah air radiator yang memiliki kandungan zat propylena. Kandungannya pun hanya sebesar 20-50%. Kandungan propylena dengan konsentrat sebanyak ini adalah konsentrat yang dianggap paling tepat untuk menjaga mesin tetap dalam suhu stabil.

Untuk mengetahui kandungan propylena ini Anda bisa menggunakan alat yang bernama refraktometer.

2. Mengandung Glycol

Hal paling penting dalam memilih air radiator yang bagus adalah memiliki kandungan glycol. Glycol inilah yang memiliki peran penting pada air radiator karena akan menurunkan titik beku pada coolant sekaligus meningkatkan titik didihnya.

Titik didih radiator yang lebih tinggi akan membuat radiator bisa bekerja lebih lama serta lebih baik.

3. Pilih Cairan yang Tidak Menimbulkan Korosi

Pilih Cairan yang Tidak Menimbulkan Korosi

Cairan atau air radiator yang bagus adalah cairan yang bisa menjaga suhu mesin tetap stabil. Namun banyak yang justru menggunakan bahan atau cairan yang bisa membuat suhu mesin stabil tapi di lain sisi justru mengandung zat yang bisa menyebabkan korosi.

Karena itu pastikan cairan yang Anda pilih aman dan tidak akan menyebabkan korosi baik pada radiator maupun pada mesin kendaraan Anda.

4. Pilih Sesuai Harga dan Fungsinya

Terakhir, Anda juga harus bisa memilih air radiator berdasarkan fungsi, kegunaan dan pastinya harga. Memang banyak air radiator yang memberikan fungsi yang maksimal namun juga dibandrol dengan harga cukup tinggi.

Jika tidak mampu, Anda bisa memilih air radiator yang bisa memenuhi fungsi dasarnya dan dibandrol dengan harga terjangkau.

Itulah tadi beberapa cara memilih air radiator yang bagus untuk kendaraan Anda. Air radiator yang berfungsi untuk mendinginkan mesin tentu memiliki peran penting dalam kinerja dan performa mesin.

Karena itu perawatan yang teratur dengan rutin mengganti airnya akan turut mempengaruhi performa mesin.

Cara Memilih Air Radiator yang Bagus