Home » Pendidikan » Pengertian Geosfer dan Contohnya

Pengertian Geosfer dan Contohnya

Geografi banyak mempelajari tentang keadaan bumi baik dari segi sosial maupun fisiknya. Fenomena-fenomena tersebut telah banyak dikaji pada ilmu yang merupakan induk dari semua ilmu pengetahuan ini.

Belajar geografi akan sangat erat dengan objek kajiannya yang berupa fenomena geosfer. Semua fenomena geosfer di muka bumi menjadi objek-objek yang akan diteliti kaitannya lengkap dengan karakteristiknya.

Seorang ahli geografi sudah selayaknya mengetahui dengan pasti mengenai pengertian geosfer dan contohnya. Pasalnya hal tersebut merupakan pondasi utama untuk melakukan analisis geografi yang berbasis pada data-data geografi dari lapangan maupun dari data sekunder.

3 Pengertian Geosfer dan Contohnya

Geosfer memang tidak bisa dipisahkan dari geografi, keduanya mempunyai keterkaitan yang kuat. Adanya ilmu geografi juga dilatarbelakangi oleh kajian-kajian objek material ini.

Ada lima fenomena geosfer di permukaan bumi yaitu biosfer, hidrosfer, atmosfer, litosfer dan antroposfer. Kelima lapisan tersebut menjadi objek-objek yang dikaji pada ilmu geografi.

Contoh Fenomena Geosfer

Tidak hanya mengkaji secara independen namun juga keterkaitan yang terjadi pada masing-masing objek juga turut dibahas. Bagi Anda yang belum mengerti tentang apa itu geosfer dapat melihat uraian yang akan dituliskan berikut ini.

1. Secara Etimologis

Dilihat dari susunan katanya geosfer memiliki arti tersendiri. Dua kata yang diambil dari kosa kata Yunani tersebut terdiri atas geo dan sphere. Terjemahannya menunjukan bahwa geo berarti bumi dan sphere berarti lapisan.

Berdasarkan susunan kata tersebut dapat diketahui bahwa geosfer adalah lapisan-lapisan yang berada di bumi. Lapisan-lapisan inilah yang telah menjadi objek kajian dari ilmu geografi.

Contoh yang dapat diambil dari fenomena geosfer ini adalah terjadinya gempa bumi. Fenomena gempa bumi merupakan salah satu contoh fenomena geosfer yang ada di bumi berkaitan dengan objek litosfer. 

2. Menurut Kamus Geografi

Kamus geografi secara khusus juga ikut mendefinisikan terkait pengertian geosfer dan contohnya. Menurut kamus geografi geosfer merupakan lapisan-lapisan bumi yang terdiri atas lapisan biosfer, lapisan atmosfer, lapisan hidrosfer, lapisan antroposfer, dan lapisan litosfer.

Kelima lapisan bumi ini selalu menjadi hal yang diteliti dalam penelitian geografi.

Contohnya adalah terjadinya fenomena angin puting beliung dikarenakan kondisi udara setempat yang cenderung kering dan panas. Fenomena angin puting beliung ini juga merupakan salah satu bentuk fenomena geosfer berkaitan dengan atmosfer.

3. Menurut Para Ahli

Para ahli geografi sepakat bahwa geosfer adalah sebuah lapisan bumi yang tersusun secara abstrak dan meliputi lapisan kehidupan, lapisan manusia, lapisan tanah/batuan, lapisan udara, dan lapisan air. Semua itu menjadi sebutan untuk fenomena geosfer.

Contoh yang dapat di sebutkan yaitu terjadinya tsunami yang merupakan bentuk dari fenomena geosfer kaitannya dengan lapisan air.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai pengertian geosfer dan contohnya. Setelah ini Anda dapat membedakan mana yang termasuk fenomena geosfer dan mana yang tidak termasuk fenomena geosfer.

Sumber : Khanfarkhan.Com