Home » Pendidikan » Pengertian Kapabilitas dan Contohnya

Pengertian Kapabilitas dan Contohnya

Istilah Kapabilitas mungkin sering sekali Anda temui dalam bacaan ataupun saat mendengarnya dari siaran televisi.

Kata tersebut ternyata juga sering digunakan dalam pembahasan-pembahasan penting karena dianggap memiliki makna yang tepat dalam mendefinisikan sesuatu.

Walaupun bahasa ini sering terdengar namun masih banyak masyarakat yang kurang paham mengenai arti sebenarnya atau bahkan salah memaknainya.

Bagi Anda yang penasaran akan pengertian kapabilitas dan contohnya bisa menyimak bacaan di bawah ini.

Apa itu kapabilitas?

Istilah kapabilitas sering digunakan masyarakat saat melihat kemampuan kelompok maupun Individu di setiap bidang.

Pengertian Kapabilitas dan Contohnya

Pengertian Kapabilitas

Melihat dari sedikit penjelasan di atas kapabilitas memiliki makna yang hampir sama dengan kompetensi, maka tak heran banyak orang yang sering keliru dan tertukar saat memakainya.

Bisa dibilang kompetensi merupakan skill yang dimiliki seseorang pada bidang tertentu.

Sedangkan kapabilitas tidak hanya sekedar memiliki skill saja namun juga menguasainya hingga paham akan kelemahan serta cara untuk mengantisipasinya.

Kapabilitas sendiri bisa dilihat dari berbagai aspek seperti kemampuan kesehatan, kemampuan integritas, kemampuan emosi, kemampuan alasan praktis, kemampuan Afiliasi, hingga kemampuan lingkungan seseorang.

Oleh karena itulah kapabilitas sering digunakan masyarakat sebagai tolak ukur dalam menentukan nilai sosial seseorang. Baca juga: Contoh masalah sosial di masyarakat.

Macam-Macam Kapabilitas

1. Kapabilitas Sosial

Kapabilitas tak lepas kaitannya terhadap hubungan sosial di masyarakat. Dengan demikian jalinan kapabilitas sosial seringkali digambarkan dengan abstrak namun mampu membuat koneksi dari satu kelompok ke kelompok lainnya begitu juga dengan kehidupan antar individu.

2. Kapabilitas Kepemimpinan

Kapabilitas kepemimpinan merupakan kemampuan baik seseorang dalam mengemban tanggung jawab dan mencapai kesuksesan bersama para bawahan yang dia pimpin.

Walaupun setiap bawahan memiliki watak yang berbeda-beda namun apabila dipimpin oleh leader yang handal maka semua bisa disatukan dan terciptalah jalinan kerja yang menguntungkan.

3. Kapabilitas Bisnis

Beda halnya dengan kapabilitas kepemimpinan, kapabilitas berikut ini lebih mementingkan keuntungan dalam segi ekonomi.

Kapabilitas bisnis sering dikaitkan dengan perfeksionisme atau kesempurnaan, karena kesempurnaan produk yang dihasilkan pasti mempengaruhi cara pandang masyarakat terhadap bisnis yang dijalankan.

Contoh Kapabilitas

Pengertian kapabilitas dan contohnya ini sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari misalkan seperti pada contoh-contoh berikut ini.

  • Mia sudah berpengalaman selama 5 tahun dalam menjalankan tugasnya sebagai supervisor, Dengan kapabilitasnya dia layak ditunjuk sebagi manager untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar.
  • Rio banyak menjuarai turnamen game semenjak dia di bangku sekolah dasar, maka tak heran bila kapabilitasnya membuat timnya memenangkan turnamen e-sport di tingkat Asia.

Seperti itulah pengertian kapabilitas dan contohnya. Walau sebenarnya kapabilitas ini merupakan bahasa serapan namun penggunaannya dalam bahasa formal memang sangat sering di jumpai terutama dari berbagai jenis media.

Kini wawasan Anda sudah bertambah dan tidak perlu bingung saat mendengar istilah tersebut lagi

Sumber: Khanfarkhan.com